Senin, 14 November 2016

5 Hal Penting Ketika Menjadi Support dalam Dota 2

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Ketika Menjadi Seorang Support | Featured
Peran support terkadang dipandang sebelah mata oleh pemain lainnya. Ada yang beranggapan bahwa support di dalam game MOBA, khususnya Dota 2, hanya memiliki dua tanggung jawab saja, yaitu membeli Observer dan Sentry Wards serta kurir.
Padahal, support memiliki tugas yang jauh lebih besar dan bahkan mampu menjadi penentu kemenangan sebuah tim. Apabila kamu mendapatkan peran ini,berikut adalah lima hal yang perlu kamu lakukan supaya anggota tim lainnya bisa mengakuimu sebagai seorang support yang hebat.

Membeli Kurir dan Menerbangkannya

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Ketika Menjadi Seorang Support | Screenshot 1
Di awal permainan, membeli kurir adalah tugas seorang support. Kamu harus membelinya segera seketika permainan dimulai. Kehadiran kurir sangat penting, terutama untuk memudahkan midlaner kamu mengontrol lane tengah (menggunakan Bottle dan rune) dan mendapatkan barang-barangnya dengan cepat.
Tentu kamu bisa membayangkan apabila tidak ada kurir yang bisa digunakan dalam suatu tim, midlaner harus membuang waktu farm untuk berjalan kembali ke markas guna mengambil barang dan meregenerasi HP. Apabila hal ini terjadi, sudah pasti midlaner tim kamu akan tertinggal cukup jauh dengan musuh.
Setelah waktu permainan memasuki menit ketiga, terbangkan kurir yang kamu beli untuk mobilitas yang lebih cepat. Memasuki tengah permainan, progres barang akan semakin sering terjadi, baik itu Observer Ward, Smoke of Deceit, atau barang utama sang carry.
Supaya mampu mendapatkan barang tersebut dengan cepat sekaligus mengurangi risiko kurir terbunuh, lakukanlah upgrade sehingga kurir dapat mengantarkan barang lebih cepat dan terbang melewati lanskap yang ada. Kehadiran kurir mampu memberikan efisiensi kepada seluruh anggota tim.

Sedia Observer Ward dan Sentry Ward Sebelum Kalah

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Ketika Menjadi Seorang Support - Picture 1
Sumber gambar: Z3ddota
Dalam permainan Dota 2, mengetahui keberadaan musuh adalah hal yang sangat penting. Pada pertandingan kompetitif, beberapa tim mengalami kekalahan hanya karena tidak memiliki kontrol peta yang bagus. Karena “buta” akan di mana kondisi musuh berada, mereka tidak mampu mengantisipasi gank penting yang datang.
Sebagai seorang support, sudah tugasmu untuk memberikan vision kepada tim dengan menaruh Observer Ward di tempat yang strategis. Kamu dapat memasangnya secara defensif di area sendiri untuk membuat sang carry bisa farm dengan aman, atau secara ofensif di area musuh untuk merencanakan gank.
Kehadiran Sentry Ward juga tidak kalah pentingnya dengan Observer Ward. Apalagi jika kamu sedang menghadapi musuh dengan skill menghilang seperti Riki, Bounty Hunter, atau Weaver, Sentry Ward dapat membatasi pergerakan mereka. Selain itu, Sentry Ward juga berguna untuk menghancurkan Observer Ward milik musuh dan membuat mereka kehilangan kontrol peta.
Ingat, jangan pernah membiarkan Observer Ward menumpuk sebanyak empat buah (jumlah maksimal) di markas! Apabila kamu membutuhkan uang untuk membelinya, cukup bertahan hidup selama 60 detik dan 75 Gold (seharga Observer Ward) akan secara otomatis kamu dapatkan.

Jangan Pasif, Harus Kreatif

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Ketika Menjadi Seorang Support | Screenshot 2
Meskipun tugas support adalah membantu carry untuk bisa farm dengan aman di lane, namun bukan berarti kamu harus selalu di sana dan membiarkan lane lain kesulitan. Setelah melakukan harass yang cukup untuk memastikan keamanan sang carry untuk farm di safelane, lakukan gank ke lane tengah. Gunakan Smoke of Deceit untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
Selain itu daripada hanya mondar-mandir saja, gunakanlah waktumu untuk melakukan stack di hutan. Apabila kamu belum mengerti caranya, pukul creep netral di sekitar detik ke 53 tiap menitnya. Kemudian, giring mereka ke luar kotak spawn yang kini bisa kamu lihat berkat update Spring Cleaning. Stack inilah yang nantinya digunakan oleh carry kamu untuk mendapatkan lebih banyak Gold dan membuatmu selangkah lebih dekat menuju kemenangan.

Jangan Pernah Mengambil Farm Carry

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Ketika Menjadi Seorang Support | Screenshot 4
Ketika bermain, saya sering menjumpai support yang mungkin secara tidak sadar sudah mengambil farm milik carry dengan cara melakukan last hit pada creep atau sekadar menyerangnya di lane.
Hal ini jelas tidak boleh kamu lakukan ketika bermain sebagai seorang support. Selain memperlambat carry kamu untuk mendapatkan barang utamanya, kamu juga akan mempersulitnya melakukan farm karena lambat laun posisi lane akan maju mendekati Tower musuh.
Ya, saya tahu kalau seorang support dalam satu titik juga memerlukan Gold untuk membeli barang, namun mengambil jatah farm carry bukanlah solusi yang tepat. Apabila kamu membutuhkan Gold, inisiasi gank yang berhasil atau lakukan farm di hutan.

Nyawa Support Sama Pentingnya dengan Carry

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Ketika Menjadi Seorang Support | Screenshot 3
Banyak yang beranggapan kalau tidak mengapa support mati akan tetapi carry tetap hidup. Well, pernyataan tersebut memang tidak salah. Namun, pasti akan lebih baik lagi apabila tidak ada yang mati. Pola pikir ini perlu kamu tanamkan, karena siapa pun yang mati, baik itu carry maupun support, akan membuat musuh lebih kaya.
Untuk meminimalisir risiko kematian, kamu harus benar-benar memerhatikan pemosisian dalam permainan. Ketika melakukan gank, hati-hati dalam melangkah. Jangan sampai kamu berkelana terlalu jauh hingga memasuki wilayah musuh yang sudah dipasangi Observer Ward. Supaya lebih aman, ajaklah rekan support yang lain untuk menemanimu melakukan gank.
Ketika clash terjadi, kamu harus paham akan peranmu di situ. Apabila kamu adalah seorang inisiator, maka lakukan serangan pertama dengan hati-hati. Setelah tim kamu mengikuti, mundur apabila diperlukan. Oleh karena itu, biasanya support yang melakukan inisiasi seperti Ogre Magi dan Crystal Maiden memerlukan Force Staff untuk mobilitas.
Jika tugasmu lebih defensif seperti Dazzle atau Omniknight, jangan sampai kamu maju terlalu depan. Ingat, tugasmu adalah melindungi carry untuk tetap hidup. Apabila kamu mati dengan cepat, lantas siapa yang akan melindungi rekan satu timmu yang lain?

Menjadi seorang support bukanlah peran yang sepele, bahkan menguasainya bisa lebih rumit dari yang kamu bayangkan. Semoga lima hal di atas dapat membuatmu bermain menjadi seorang support yang lebih baik.
Apabila kamu memiliki tip lainnya, jangan pernah sungkan untuk membagikannya pada kolom komentar di bawah ini ya. Selamat menjadi support dan bersiaplah untuk (mungkin) mendapatkan pujian yang berlimpah dari timmu!

Sumber : https://id.techinasia.com/dota-weekly-hal-wajib-diperhatikan-ketika-menjadi-support

3 komentar: